Indone(w)s1A : dANAU tOBA

INILAHCOM, Danau Toba – Sedikitnya 16 Tour Operator Polandia, Austria, Hungaria, Slovakia, Bulgaria serta perwakilan Emirates dibawa keliling danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia yang di tengahnya ada Pulau Samosir, yakni Danau Toba di Sumatera Utara.

“Ini danau? Saya kira lautan,” ujar Natalia Maria Swiechowicz, Travel Consultant Planet Escape Polandia, awal pekan lalu. Soal ukuran, Danau Toba memang terbilang sangat besar. Panjangnya mencapai 100 km, lebarnya 30 km. Ini juga danau terbesar nomor dua di dunia setelah Victoria Lake di Afrika. Kedalaman hampir mirip lautan, mencapai 700 meter.

Fakta itu langsung menjadikan Danau Toba dinobatkan sebagai danau terdalam di dunia. “Indonesia sangat beruntung punya danau raksasa yang sangat indah. Kawasan bagus sekali, pantas dikembangkan menjadi world class tourism destination,” sambung Markus Klaus Ratzenbock, PIC Jetway Travel Lichz, Austria.

Ucapan Markus itu dibenarkan oleh peserta Famtrip yang lain. Di Eropa, keberadaan danau selalu menjadi destinasi wisata keluarga yang memikat. Di sekelilingnya dibuat pedestrian, tempat jalan yang langsung menempel di bibir danau. Toh danau itu tidak berombak besar seperti Nias, Bali, Nusa Penida, Banyuwangi, yang bisa dijadikan surfing atau berselancar.

Danau Toba, menyimpan banyak keistimewaan. Pertama, saat ini Danau Toba sudah ditetapkan menjadi 10 Destinasi Prioritas. Kawasan ini didorong menjadi kawasan wisata kelas dunia. Kedua, punya pulau besar di tengahnyayang luasnya 64.000 hektar, sebesar Singapura di Malaka.

“Potensi alamnya, DanauToba oke banget. Ukurannya juga lebih besar, lebih luas, lebih dalam, lebih jernih. Modal alamnya sudah sangat kuat,” aku Roos Diana Iskandar, Minister Conselor KBRI Polandia.

Keanekaan yang ada di sekitar kawasan Toba hampir semua menggoda. Dari mulai kultur budaya unik Batak, pigura panorama alam indah di sepanjang pesisir Danau Toba, keheningannya, estetika bangunan tradisionalnya, tour keliling danaunya, semua sangat oke. Alam menggoda, panorama pun merayu.

“Itu sebabnya yang kami arrange untuk mengikuti famtrip ke Indonesia berasal dari Travel Operator. Kami ingin memberikan gambaran riil soal potensi wisata di Indonesia. Hard sellingnya jadi makin gampang,” tambah Roos.

Roos optimistis Danau Toba akan makin laku dan populer. Menurutnya pasar wisata Indonesia sudah mulai banyak dilirik wisatawan Polandia. Cerminannya bisa dilihat dari traffic penerbangan Warsawa ke Indonesia. Sejak Juni 2016, setiap dua minggu sekali pesawat charter flight LOT Polish Airlines sudah rajin bolak balik Warsawa Indonesia. Pesawatnya pun tak kecil.

Layanan charter flight tadi diisi dengan penerbangan Boeing 787 Dreamliner. Yang membuat Roos sumringah, sejak Juni 2016, ketersediaan seat penumpang tak pernah kosong. Jumlahnya selalu menembus 252 penumpang. “Saya selalu meng-update info soal ini. Setiap dua minggu sekali penerbangan dari Warsawa ke Indonesia selalu full. Angkanya selalu menembus 252 seat. Dan charter flight ini, akan terus dilakukan per dua minggu sekali hingga Maret 2017,” ungkapnya.[*]

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in peta ke daerah tujuan wisata, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s