CISUMDAWU @ jalur tengah MUD1k

peta jalan kasar: MUDIK lewat JALUR TENGAH

Foto-foto di detiknews: Perkembangan pembangunan s/d per tgl 17 Maret 2016

long jump icon

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG- Proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61,175 kilometer dipastikan bakal memiliki tunnel atau terowongan sepanjang 472 meter yang menembus bukit di Desa Cilengsar. Terowongan ini akan menjadi yang terlebar di Indonesia.

“Kalau tunnel untuk bendungan ada, untuk mass rapid transit (MRT) ada tapi itu kecil diameternya cuma 6 meter. Kalau ini tunnel-nya berdiameter 14 meter dan tingginya 8 meter serta nantinya ada dua jalur karena satu arah satu tunnel,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini, saat memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), di lokasi proyek, Kamis (17/3/2016).

Terowongan ini akan berada di seksi II fase 2 yang berada sepanjang 17,05 kilometer, menghubungkan Rancakalong dengan Sumedang.

Kontraktor asal China akan mengerjakan tunnel ini dengan metode pembuatan yang dipercayakan kepada Metallurgy Corporation of China (MCC) dan New Austrian Tunneling Method.

“Teknologinya tidak terlalu mahal tapi unik dan jarang dipakai. Nanti bakal jadi pembelajaran juga buat kita bagaimana membuat tunnel yang murah tetapi cepat,” jelas Hediyanto.

Hediyanto menambahkan, musim hujan bukan menjadi kendala karena nanti tanah tempat membangun tunnel akan disuntik menggunakan beton sehingga tanah yang mudah longsor akan menjadi lebih keras.

“Setelah jadi beton dia baru nanti digali,” sambungnya.

Melalui teknologi yang digunakan diharapkan mampu membuat kemajuan signifikan terutama dalam hal pengeboran bukit.

“Dalam sehari kemajuannya sekitar 60-80 sentimeter. Kita lakukan dari dua arah. Diharapkan selesai dalam waktu 28 bulan. Kebutuhan biaya untuk membuat terowongan sekitar Rp 800 miliar,” ungkap Hediyanto.

Penulis: Ridwan Aji Pitoko

animated-rocket-and-space-shuttle-image-0026

JAKARTA okezone– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat dengan berkendaraan mobil. Di Jawa Barat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan meninjau Bendungan Jatigede yang berada di Kabupaten Sumedang.

Seperti yang diinformasikan Tim Komunikasi Presiden, Jakarta, Kamis (17/3/2016). Kunjungan Presiden Jokowi sekaligus akan melihat perkembangan proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), serta menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan, kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat, dan kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia di kabupaten Sumedang .

Di Sumedang, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan meninjau langsung perkembangan bendungan Jatigede serta melihat panel dan maket bendungan. Usai meninjau Bendungan Jatigede, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke salah satu titik di Kabupaten Sumendang yang merupakan bagian dari Proyek Pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu).

Malam harinya, Presiden Jokowi akan meresmikan Pembukaan Turnamen Sepak Bola Bhayangkara Cup 2016 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan menyaksikan pertandingan antara Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Presiden dan Ibu Iriana akan tiba di Jakarta pada tengah malam.

Bendungan Jatigede merupakan Bendungan Terbesar Kedua di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono 31 Agustus 2015. Bendungan ini memiliki luas 5.000 hektar dan ketinggian air maksimal sekitar 260 meter. Bendungan ini selain digunakan untuk pengairan dan perikanan, juga akan digunakan untuk membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Bendungan ini akan dapat mengairi lahan seluas 90.000 hektar, sekaligus menjadi penyediaan air baku untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Sumedang dan Indramayu.

(rzy)

ezgif.com-resize

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in peta ke daerah tujuan wisata, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s