PETA kasar jalan ke CURUG Cimahi, Lembang, Bandung

ezgif.com-resize

LEWAT TOL CIKOPO-PALIMANAN (EXIT / KELUAR DI TOLL EXIT : SUBANG): liat papan petunjuk arah : Subang, Lembangpeta tol cipali subang lembang

PER TAON 2013, ada kawasan wisata baru: DUSUN BAMBU, dekat banget CURUG CIMAHI, kawasan wisata berbayar yang dilengkapi PEMANDANGAN INDAH: taman, danau, pepohonan, n FOOD COURT n resto enak

peta tol cipali subang EXIT_kota peta subang LEMBANG peta subang LEMBANG kota peta subang LEMBANG k CURUG CIMAHI

LEWAT BANDUNG N LEMBANG:


rute dari tol pasteur: sukajadi-setiabudi-sersan bajuri atau kolonel masturi-CURUG CIMAHI (masih ada alternatif laen, tolong cari sendiri ya🙂 )

ezgif.com-resize

di Lembang antara laen ada :

beritasatu.com: Selain istana, kuil, ataupun pantai, Thailand juga terkenal dengan pasar terapung/apung atau floating market. Yakni, tempat pedagang menjajakan sayur-mayur, buah-buahan, barang, hingga berbagai makanan kuliner di atas perahu. Karena itu jika Anda berkunjung ke Thailand, sempatkan juga untuk mengeksplorasi pasar apung.

Sejumlah pasar apung yang bisa dikunjungi di Thailand di antaranya Amphawa di kawasan selatan Bangkok. Pasar apung Damnoen Saduak di Provinsi Ratchaburi, yang berjarak sekitar 110 km sebelah barat kota Bangkok, Pasar apung di Pattaya, hingga pasar apung paling terkenal, Wat Sai yang berlokasi sekitar 10 km dari Bangkok, dan jadi incaran wisatawan.

Seperti pasar di darat, situasi pasar apung juga kacau dan semrawut. Berbagai perahu datar yang penuh dengan tumpukan berbagai dagangan berebut posisi. Berhenti dan melakukan tawar-menawar pada saat bersamaan. Suasana berisik namun penuh warna justru menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung. Selama perahu berjalan ke pasar, Anda juga akan melewati kebun, rumah-rumah kayu jati tradisional, dan juga masyarakat lokal yang berangkat kerja.

Selain menikmati pemandangan transaksi jual beli di sungai, sangat menarik juga mengamati bagaimana penduduk setempat, berdayung perahu atau sampan sendirian dengan beberapa barang dagangannya. Lebih unik lagi yang menjajakan makanan karena mereka harus memasak di atas perahu.

Tidak hanya di Thailand. Indonesia juga memiliki pasar apung di sejumlah wilayah. Terutama pulau yang memiliki sungai yang panjang dan lebar, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Setidaknya ada 6 pasar apung yang menarik Anda kunjungi yakni di Kalimantan dan di Jawa. Di Kalimantan ada tiga pasar apung besar. Yakni, Pasar Apung Muara Kuin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang terletak di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito.

Masih di Kalimantan Selatan ada juga Pasar Lok Baintan. Berlokasi di Desa Sungai Pinang (Lok Baintan), Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, pasar ini dikenal dengan nama lain, yakni Pasar Apung Sungai Martapura.

Dan ketiga, Pasar Siring Piere Tendean di Sungai Martapura, dekat kantor gubernur di Jalan Pierre Tendean, Kota Banjarmasin. Namun, pasar apung ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu.

Sedangkan di Jawa, Anda bisa berkunjung ke Museum Angkut di daerah Batu, Malang, Jawa Timur (Jatim). Di area museum ini ada Pasar apung Nusantara dengan 80 stan makanan dan souvenir dari berbagai daerah di Indonesia. Dibuka mulai pukul 12.00 hingga 21.00 WIB, Anda seolah-olah sedang berkeliling Nusantara.

Berikutnya Pasar apung Lembang di Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat (Jabar). Menempati area seluas 7,2 hektar, Pasar apung Lembang dibuka tiap hari, mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Anda bisa bersantai dengan keluarga, dan teman di gazebo yang terletak berderet-deret di tepi danau. Di sini juga ada rumah-rumah asli dan kuno yang didatangkan dari Jawa Timur, dan rumah rileksasi terapung di danau dengan arsitektur Belanda, Thailand, juga Betawi.

Ah Poong juga seru
Jika belum sempat ke Thailand, Kalimantan, juga Malang maupun Lembang karena kendala jarak, waktu, atau mungkin biaya, Anda yang tinggal di Jabodetabek bisa juga ke Pasar Ah Poong di Sentul City, Sentul, Bogor. “Pasar apung” di tepi Sungai Cikeas ini juga tak kalah serunya untuk dinikmati bersama keluarga.

Berada di dekat pintu Tol Sentul Selatan 1, Pasar Ah Poong memiliki parkir yang luas dan aman. Untuk masuk ke area wisata ada dua jembatan yang bisa digunakan, yaitu jembatan beton biasa maupun jembatan gantung yang terbuat dari kayu, yang sering digunakan untuk uji adrenalin karena bergoyang. Setelah melewati jembatan di pintu masuk pasar Anda langsung melihat deretan makanan khas yang dijual beberapa resto.

Jika belum lapar, sebaiknya Anda lebih dulu mendatangi danau buatan di belakang dan naik perahu dayung. Anak-anak pasti suka karena menjadi petualangan seru bagi mereka, Setelah puas bersampan, barulah Anda bisa mencicipi kuliner yang tersedia dengan harga relatif terjangkau.

Berbeda dengan pasar apung lainnya, di Pasar Ah Poong tidak ada hiruk-pikuk pasar di atas perahu. Anda tidak bisa berbelanja makanan langsung pada perahu atau sampan yang terapung di sungai, tapi tetap membeli di kedai-kedai seperti di food court pada umumnya. Hanya kesannya saja yang mirip karena foodcourt terletak di perahu besar yang diapit dua danau buatan yang cantik.

L Gora Kunjana/GOR

rose KECIL

 

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in koleksi foto wisata, peta ke daerah tujuan wisata. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s