INFO DOANk: kuliner khas antara Cirebon n Pekalongan

peta tauto PPIP BU Bawon Pekalongan

doraemon

Minggu, 28/08/2011 12:19 WIB
Kuliner Jalur Mudik Pantura: Cirebon-Pekalongan

Bondan Winarno – detikFood

Kuliner Jalur Mudik Pantura: Cirebon-Pekalongan
Jakarta – Mungkin sekali lalulintas sudah semakin padat di etape Cirebon -Pekalongan hari ini. Jika perlu tempat perhentian untuk mengisi perut sore nanti, intip dulu yang satu ini.

bird smallest

Mungkin sekali lalulintas sudah semakin padat di etape ini, sehingga diperlukan lebih banyak tempat perhentian untuk mengisi perut. Di lintasan Cirebon-Tegal, mungkin Anda harus puas dengan beberapa rumah makan padang yang banyak didapati di lintasan ini. Di Brebes ada oleh-oleh spesial yang boleh dihampiri, yaitu tape ketan dibungkus daun jambu. Cocok untuk dibawa sebagai buah tangan (Tape Ketan Ibu Ono, Gg. Darussalam 77, Brebes, 0283 671281). Telur asin Brebes juga merupakan oleh-oleh yang populer.

Tegal punya pilihan kuliner yang kaya. Warung murah-meriah favorit saya adalah RM Pi An, di depan Stasiun KA Tegal. Gule kambingnya enak,j uga nasi lengko-nya tidak boleh dilewatkan. Bungkus juga pisang gorengnya yang istimewa untuk bekal di perjalanan.

Sate kambing muda khas Tegal, bagi saya, adalah salah satu jenis sate kambing terbaik di Indonesia. Istilah “balibul” adalah untuk kambing yang berusia di bawah lima bulan. Sekarang muncul versi yang lebih muda, yaitu “batibul” alias bawah tiga bulan. Salah satu alamat yang direkomendasikan adalah Sari Mendo (Jalan Teuku Umar, Debong, Tirus).

Bila Anda bukan penyuka sate kambing, pilihannya adalah sate ayam Margasari yang buka cabang di Jl. A. Yani (seberang Toko BatikKrisna). Potongan ayamnya besar-besar, disiram bumbu kental berwarna kuning yang sangat gurih.

Tegal juga punya soto ayam yang khas, dengan bumbu tauco. Di daerah Talang (jalan menuju Slawi) dapat dijumpai beberapa warung soto dengan label “Sedap Malam”. Yang asli dari seri “Sedap Malam” ini adalah Daan Jenggot yang kini diteruskan oleh anak laki-lakinya.Warung-warung soto “Sedap Malam” lainnya dioperasikan oleh kerabat dan bekas karyawan Daan Jenggot.

Warung lain yang saya rekomendasikan di Tegal adalah Warung Alwi (Jl.Setiabudi). Warung ini menyediakan nasi bakmoy, ca rebung dan sekitar 25 masakan peranakan lain, seperti: rebung, yupo asam manis, dan lain-lain. Warung ini baru buka setelah magrib. Ada juga nasi bogana khas Tegal di sebuah warung kecil di dekat Klenteng Tegal.

Bila Anda memerlukan toilet bersih setelah melintasi Tegal, singgahlah di SPBU, sekitar 3 km setelah Tegal. Ini tempat persinggahan populer karena punya 67 toilet (Rekor Muri), lengkap dengan tempat pijat refleksi dan tempat tidur gratis untuk rehat sejenak.

rose KECIL

Di antara Tegal-Pemalang km 7 juga ada sebuah rumah makan yang direkomendasikan untuk disinggahi, yaitu Restoran Pringsewu (0283 3318138) dengan sajian ayam kremes dan tempe mendoannya yang populer.

Kota berikut yang akan Anda singgahi adalah Pemalang. Di Desa Kendaldoyong (sebelum Pemalang, jalan Raya Petarukan) Anda akan menemukan Kepiting Gemes Pak Marno. Kepiting dengan saus yang rasanya mirip rendang, tetapi tanpa santan Tetapi, bila Anda bisa bersabar sebentar, teruslah mengemudi sampai ke Comal dan singgah di RM Prima (Jl. A. Yani 31-33, Comal, 0285 577272, 7911100). Tempatnya lebih representatif, dengan berbagai sajian kepiting dan seafood lainnya.

reaction_1

Masakan kepiting seperti ini juga dapat dijumpai di Pekalongan,disajikan oleh Bang Kombor, di Jl. Belimbing.

Pemalang juga terkenal dengan sajian bernama grombyang, semacam hibrida antara soto dengan gulai dan rawon, dari daging sapi atau daging kerbau. Yang paling populer adalah grombyang Haji Warso (Jl. RE Martadinata). Ada juga Sate Loso, persis di persilangan KA memasuki Kota Pemalang. Sate Loso agak mirip dengan sate ayam Margasari di Tegal tadi.

Memasuki Kota Pekalongan, Anda harus siap dengan tawaran Pekalongan yang memang spesial. Soto Pekalongan yang super-gurih dengan taucodisebut tauto. Dulu, semua tauto harus dibuat dari daging kerbau,tetapi sekarang sudah banyak tauto versi daging sapi. Favorit saya adalah Tauto PPIP (Jl. Dr. Wahidin).

Ikon kuliner Pekalongan lainnya adalah nasi megono. Ada dua jenis nasi megono: basah dan kering. Yang paling umum adalah nasi megono kering,yaitu nasi putih dicampur dengan nangka muda rebus dicincang dan parutan kelapa. Dimakan dengan berbagai lauk-pauk, khususnya masakan cumi dengan tinta hitamnya. Favorit saya adalah Nasi Megono Pak Tjukup (keturunan Tionghoa) di Jalan Mangga. Lauknya sangat beragam di rumah makan ini. Nasi megono basah dibuat dengan campuran rebung, cepat basi kalau tidak segera disantap. Versi ini sudah semakin jarang dijumpai.

Ada lagi satu tempat makan khas di Pekalongan yang saya sukai, yaitu RM Zarkasi (Jl. Sulawesi 52) yang populer dengan nasi uwet (gule encer dari usus kambing). Bila Anda penggemar nasi kebuli, singgahlah ke RM Puas (Jl. Surabaya 32).

…yang juga khas di Pekalongan:
Typical food

Megono Rice
Pekalongan is famous with its typical food known as Megono, that is a kind of dish made from chopped young jackfruit (Javanese : gori) mixed with “urapan” (grated coconut with spices) and sambal urapan (Javanese : kluban). Megono is very delicious and suitable as a side dishes for breakfast, also suitable if it mixed with any dishes.

Tauto
Pekalongan Tauto is typical food of Pekalongan, kind of Soto (Indonesian clear soup), but for the ingredients added “taucho” (kind of flavoring that has special aroma, made from soy). Just like soto, we also put meat and innards as well as sohun noodle into Taouto. We can eat Touto with rice but it is more delicious if we eat it with “lontong” (rice steamed in a banana leaf).

Garang asam
Garang asam is a food kind of Rawon (beef stew made with keluak), typical from Pekalongan. Only for Garang Asam but the gravy is given many tomato, so it has a fresh sour taste. Garang asam usually mixed with meat, innards, or eggs.

Keripik Tahu (Tofu Crispy Chips)

big-dancing-banana-smiley-emoticon

… di Tegal:
1. Pastel tutup
Ada pepatah: Kentang di pasar, sosis di toko, ketemunya di mangkok jua. Yep, ada kentang, sosis, buncis dan entah apa lagi, dimasukkan ke sebuah mangkok kecil. Ditutup lagi sama selapis adonan kentang lalu dipanggang. Voila, pastel tutup! Rasanya? Manis, lembut dan nagih. Hehe.

2. Ayam kodok
Kaga deng. Isinya doang. Bayangkan isinya ayam kodok menari-nari di tengah mangkok. Kesimpulan, anda berhalusinasi. Bayangkan isinya ayam kodok yang begitu besar dan bikin ngiler ada di tengah mangkok. Lalu tambahkan kuah kaldu yang panas lagi gurih. Potong sesuap dan masukkan ke mulut anda. Uuuuuhhh, sekarang (isi) ayam kodoknya nari-nari beneran! Hehe.
1. Swike Kuah dan Swike Goreng Kecap
Bahan intinya adalah paha montok yang mulus milik sang kodok beserta sedikit punggungnya yang tidak semulus pahanya. Di swike kuah, yang wajib adalah tauco yang banyak supaya kuahnya makin kental dan terasa di lidah. Di swike goreng kecap, yang wajib adalah kecap karena kalo ga bukan goreng kecap namanya. Dua-duanya enak dan bisa dipilih sesuai selera lagi pengen yang mana.

2. Tito
Eh, bener ga ya namanya? CMIIW. Pokoknya berbahan baku lambung kodok yang dibalik. Kenyal dan tebal. Ga gitu demen yang ini sih, jadinya ga diperhatikan dengan saksama.

3. Telur Kodok
Pengennya sih yang dalam bentuk pepes, tapi apa boleh dibuat, yang ada juga digoreng.

4. Kulit Kodok Goreng
Karena kulitnya dijemur dulu sampe kering, maka hasilnya pun seperti kerupuk yang garing banget. Dimakannya pake kecap rawit. Pedes-pedes kriuk. Beda dengan struktur krecek yang mirip spons, kulit kodok itu ya cuma tipis doang dengan rasa krupuk kulit pada umumnya.

Kami juga mampir di Tanjung, di restoran bernama Gotong Royong. Letaknya dekat dengan restoran Bie Seng tempat kami makan malam pada hari pertama. Di sini yang terkenal adalah kepiting muda (gembori) goreng. Gembori itu artinya baru ganti kulit, jadinya kulitnya belum kaku, bisa dimakan. Selain kepiting udang juga ada yang gembori. Nah, kepiting gembori ini dipotong-potong lalu digoreng tepung. Beli 3 porsi, 1 porsi langsung abis dicemil rame-rame di jalan.
Karena hari ini pantang dan puasa, kami hanya makan pagi nasi lengko di Warung Pi’An. Penduduk Tegal terbagi dua, ada yang bilang Pak Pi’An ini orang Cina (Tan Pi An), ada juga yang bilang dia non Cina (Sopian). Yang pasti, meskipun tempatnya kecil, penduduk Tegal doyan banget ngumpul-ngumpul di sini dan saling bertukar gosip. Makanya tempatnya ga pernah sepi dan diplesetin jadi Pusat Informasi ANda.

Lanjut tentang makanannya. Nasi lengko di Tegal itu bumbunya beda. Pedes gurih, kalo ga pake kecap ga enak. Supaya ga terlalu kenyang, kami pesennya setengah porsi, tapi tetep aja sambil nge-gado tahu pletok. Panas-panas pake kecap tengis (kecap rawit – red.), nendang banget nikmatnya. Bumbu lengko di sini bisa dijadiin oleh-oleh. Tapi harganya lumayan mahal. Seinget gua sekilo 40 ribu gitu yah? Trus kalo mau beli krupuknya sebungkus 10ribu. Padahal kalo mau beli en goreng sendiri palingan cuma 3 ribu. Kata om gua, di sini yang enak selain lengko itu sop dagingnya. Nasi panas, banjir sop panas. Daging sapinya empuk, kaldunya kuat, sayurnya seger. Mantep nemen lah..

Emoticons0051

… warung makan Bali Ibu Made di Pura Cinere, Cinere, depan RS Puri Cinere, Depok:
Warung Bu Made PURA CINERE

Warung Bu Made PURA CINEREdr P INDAH

nasi ulam bali (katering): A.A. Sagung Oka Miladewi Jl. Bumi Daya VII / 147 Cinere.

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in jalan-jalan dan kulineran. Bookmark the permalink.

One Response to INFO DOANk: kuliner khas antara Cirebon n Pekalongan

  1. Pingback: peta jalan kasar: MUDIK lewat JALUR TENGAH | jalan kuliner khas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s