FOTO-foto: (maseh ada) Cilember n Untung Jawa

This slideshow requires JavaScript.


… mau tau sedikit cerita gw saat ke :
Pulau Untung Jawa, p. Rambut, dan Tanjung Pasir, Tangerang : jalan2 ke Pulau Untung Jawa, p. Rambut, Taman Buaya, Resort Tg Pasir, makan sate ular, biawak, dan buaya
Senin, 29 Oktober 2012 | 10:23 WIB
Cegah Abrasi, Untung Jawa Ditanami 5.000 Mangrove

TEMPO.CO, Jakarta – Sejumlah aktivis pegiat lingkungan menanam 5.000 pohon mangrove di Pulau Untung Jawa, pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bibit-bibit pohon itu ditanam di sisi selatan, dekat dermaga, sebagai perisai dan pemecah ombak.

“Upaya ini untuk mengurangi abrasi pantai yang terjadi secara berlebihan, mencegah erosi dan tsunami,” kata staf lapangan penanaman mangrove dari Yayasan Pendidikan Konservasi Alam (Yapeka), Muhtadin, kepada Tempo, Minggu, 28 Oktober 2012.

Menurut dia, penanaman dilakukan di sisi selatan pulau yang terletak di depan, dekat dermaga. Sebab, di situ masih tersedia lahan yang bisa ditanami pohon mangrove. Pohon-pohon itu akan berfungsi sebagai lapis kedua setelah tanggul penahan ombak yang telah dibangun pemerintah di bagian depan, yang lebih mengarah ke laut.

Sedangkan di timur pulau, sudah terlihat kerusakan bibir pantai yang cukup menyedihkan. “Yang di sana, tanggul penahan ombaknya sudah jebol, kelihatan sekali abrasi pantainya,” kata dia.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu bidang Ekonomi Pembangunan, M. Andi, bersyukur atas kepedulian masyarakat luar yang ingin tetap menjaga kelestarian pulau di kawasannya. Menurut dia, ada 110 pulau di kawasan Kabupaten Kepulauan Seribu yang berupa pulau permukiman, cagar budaya, resor, dan konservasi alam.

Dari 11 pulau yang dihuni penduduk, potensi abrasi yang terjadi pada Pulau Untung Jawa cukup besar. Apalagi menjelang datangnya angin barat, yang biasanya terjadi pada Desember hingga Februari, ombak yang datang sangat besar. “Kalau tidak dibeton di sekitar dermaga itu, sudah habis tanggulnya,” kata dia.

Karena itu, Andi mengharapkan keseriusan penduduk, yang berjumlah hampir 400 kepala keluarga, ini untuk menjaga lingkungan pulaunya sendiri. Penanaman pohon mangrove yang dilakukan kelompok masyarakat dari luar setidaknya bisa memacu mereka untuk merawatnya.

“Tak hanya sebagai perisai dan pemecah ombak, tapi juga tanaman ini bermanfaat sebagai produksi oksigen dan tumbuh kembangnya fauna. Manfaatnya untuk masyarakat sini juga,” ujarnya.

Penanaman 5.000 pohon mangrove ini merupakan kerja sama antara LSM lingkungan Kanopi Indonesia, Yapeka, dengan Universitas Terbuka dan sejumlah mahasiswa aktivis lingkungan hidup.

MUNAWWAROH
… mau tau sedikit kisah gw saat ke Curug 7 Cilember, Cisarua, Bogor:
jalan2 ke Curug 7 Cilember, Cisarua, Bogor
Jokowi: Memang SBY Blusukan ke Mana?
Jokowi enggan mengomentari kunjungan SBY ke Banten.
ddd
Jum’at, 4 Januari 2013, 18:16 Eko Huda S, Luqman Rimadi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Desa Tanjung Pasir, Teluknaga, Banten, Jumat 4 Desember 2012. Kunjungan ini tidak biasa, sebab terkesan dadakan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Desa Tanjung Pasir, Teluknaga, Banten, Jumat 4 Desember 2012. Kunjungan ini tidak biasa, sebab terkesan dadakan dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Di kampung nelayan itu, SBY yang didampingi Ibu Negara, Ani Yudhoyono, dan sejumlah menteri blusukan ke sejumlah tempat. SBY juga berbincang-bincang, menampung aspirasi warga kampung itu. SBY bahkan memberikan sumbangan Rp100 juta untuk pembangunan kampung yang dikunjungi.

Gaya ini mirip dengan kunjungan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Mantan walikota Solo itu memang kerap berkunjung ke perkampungan kumuh. Berjalan kaki, blusukan dari kampung satu ke kampung lainnya. Namun, pihak Istana menolak jika kunjungan SBY ini disebut meniru gaya Jokowi.

Staf Khusus Presiden bidang Politik, Daniel Sparingga, mengatakan kunjungan ini bukan bentuk pencitraan. Sebab, SBY tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada 2014. SBY, kata dia, tengah mengembangkan pola komunikasi yang progresif untuk memastikan semua programnya berjalan lancar.

Sementara itu, saat diminta tanggapan atas ‘gaya baru’ Presiden SBY ini, Jokowi mengaku belum mengetahuinya. “Apa itu, saya belum tahu. Memangnya blusukan ke mana,” kata Jokowi saat ditanya wartawan di Balai Kota Jakarta.

Karena mengaku belum tahu, wartawan memberikan penjelasan bahwa hari ini Presiden SBY melakukan kunjungan kerja ke Desa Tanjung Pasir, Teluknaga, Banten. Wartawan juga menjelaskan bahwa SBY juga blusukan di perkampungan warga seperti yang kerap dilakukannya.

Namun, setelah mendengar penjelasan dari wartawan, Jokowi tetap enggan memberikan komentarnya. “Saya tidak mau jawab,” kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan. (sj)
… hmmm, sayang ya, Pak SBY ga mampir di Taman Penangkaran Buaya, Resort Tg Pasir, dan Pantai Tg Pasir … maybe NEXT TIME lah🙂

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in jalan-jalan dan kulineran, koleksi foto wisata. Bookmark the permalink.

2 Responses to FOTO-foto: (maseh ada) Cilember n Untung Jawa

  1. Pingback: crises proof @stock trading (curug7 CILEMBER, cisarua) « Jl maenSAHAM/Stock Trading St

  2. Pingback: kejar 1 M (111) H-124 (Untung Jawa, Tg Pasir) « Jl maenSAHAM/Stock Trading St

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s