ADUuuuuuuuuh, naek MELUluuuuu …

Kenaikan Tarif Masuk Obyek Wisata Alam Tunggu Kajian Kemenkeu

Oleh Gloria Natalia
…makin DIKORUP lah, itu khan INDONESIA banget😛 …
Jum’at, 02 September 2011 | 15:58 WIB

bisnis indonesia
JAKARTA: Usulan kenaikan tarif masuk obyek wisata alam hingga 200% masih tunggu hasil kajian Kementerian Keuangan. Padahal, usulan itu sudah dimasukkan Kementerian Kehutanan sejak 2008.

Pada April 2010 Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pun sudah menyurati Kementerian Keuangan mengusulkan perubahan Peraturan Pemerintah (PP) No. 22/1997 tentang Jenis dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Juga PP No. 59/1998 jis PP No. 92/1999 tentang Tarif dan Jenis PNBP yang berlaku di Departemen Kehutanan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto mengatakan saat ini usulan tersebut sudah masuk rapat finalisasi. “Sejak 2008, sudah lama sekali. Lagi dibahas sama Kemenkeu. Revisi langsung ke dirjen anggaran. Kenaikannya bervariasi, antara 100% sampai 200%,” ucap Hadi Jumat pekan lalu.

Kemenhut menilai tarif masuk obyek wisata alam saat ini rendah, hanya Rp2.500 per orang.

Menurut Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan Darori, tarif sekecil itu membuat pendapatan yang masuk ke pos pungutan masuk obyek wisata alam di PNBP Kemenhut pun kecil.

“Per orang masuk Rp2500 ke PNBP, kan kecil. Kami lihat di Australia masuk kebun binatang Rp400.000, di Belgia hampir Rp500.000 dan 10% dari keuntungan untuk negara,” tuturnya.
… well, kalo ngebandingin mestinya APPLE TO APPLE donk … waktu gw ke Queensland, gw sempat ke kawasan air terjun dan hutan Mt Tamborine di selatan Brisbane, SAMA SEKALI GRATIS dengan SEGALA KELENGKAPAN dan KEBERSIHAN YANG JAUH LEBE DARI YANG DI INDONESIA, bo🙂 … well, indon emang bisanya CUMA BERBURU BINATANG DI KEBUN BINATANG😦

Kemenhut mencatat pada 2009 total pungutan masuk obyek wisata alam yang masuk ke PNBP hanya Rp6,65 miliar. Setahun berikutnya meningkat jadi Rp19,44 miliar. Pada semester I/2011 baru Rp7,06 miliar. Targetnya, pada PNBP tahun anggaran 2011 pungutan masuk obyek wisata alam dapat menyumbang Rp17,15 miliar atau 0,58% dari total target PNBP sebesar Rp2,94 triliun.

“Pungutan karcis ke tempat hiburan atau taman-taman lebih kecil lagi,” ucap Hadi.

Dia membeberkan pada 2009 penerimaan Kemenhut dari tempat hiburan dan taman hanya Rp904,4 juta. Pada tahun 2010 turun menjadi Rp778,5 juta. Adapun, tahun ini nilainya belum diketahui. (ln)

… usul gw:
1. KELENGKAPAN FASILITAS wisata alam HARUS DITINGKATKAN dulu
2. BOLE NAEKIN HARGA TIKET MASUK dll, TAPI FIRST THING FIRST, NAEKIN DULU KUALITAS FASILITAS WISATA ALAMNYA
3. gunakan OTAK dan DANA serta KECANGGIHAN MANAJEMEN MANUSIA dan SISTEM untuk MENINGKATKAN LEBE DULU KELENGKAPAN FASILITAS wisata alam
4. coba baca lage semua usul gw dari nomor 1 s/d nomor 3, supaya WISATA ALAM INDONESIA SEMAKIN BERGAIRAH DAN DISAMBANGI OLEH RAKYATNYA SENDIRI, para indon🙂

About kulinerkhasjalan2

ini saya, bersama kawan-kawan, bergabung dalam petualangan meraih aktualisasi diri melalui kebersamaan jalan-jalan dan cicipan kulineran, that's it
This entry was posted in jalan-jalan dan kulineran. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s